-->

Tentang Kayu Trembesi, Pohon Super Untuk Furniture Jepara


Kayu Trembesi (suar) atau dijepara dikenal dengan kayu Meh ini berasal dari genusAlbizia, kayu jenis ini memiliki diameter kayu yang lumayan besar dan bisa mencapai 4,5m dan dengan tinggi bisa sampai 30-40 meter atau lebih. Kayu ini di Indonesia biasanya ditemui  beberapa wilayah di Indonesia seperti Pulau Sumatra,Jawa,Sulawesi,Maluku dan Nusa Tenggara dan beberapa daerah lainnya yang tersebar di Indonesia, ini dikarenakan pohon Trembesi ini penyebarannya tergolong cepat dan bisa tumbuh di hampir semua wilayah Indonesia walau jenis dan kontur tanah yang berbeda-beda.

Karakter Kayu Trembesi
Kayu Trembesi memiliki tingkat kepadatan sedang dan masih kalah jauh dengan kayu jati juaranya di Furniture Jepara.Di Jepara sendiri kayu trembesi ini dikenal dengan nama kayu meh,meh sendiri berasal dari kata jawa (meh) yang di artikan dalam bahasa Indonesia hampir,ini dimaksudkan karena kayu Trembesi sekilas hampir menyerupai kayu jati.
(ini sekilas hampir menyerupai kayu jati)

Kayu Trembesi(Meh) ini tidak cukup banyak memiliki kandungan minyak alami jadi tidak begitu cocok bila untuk Furniture outdoor.Bila kayu ini ditempatkan dibawah terik matahari secara langsung dalam jangka panjang bisa menimbulkan retak-retak atau mungkin pecah pada kayu,Jadi kayu ini hanya cocok untuk Furniture indoor.

Keunggulan Kayu Trembesi
Kayu Trembesi ini bisa tumbuh hingga mencapai ukuran yang cukup besar dengan umur yang relatif singkat.Oleh sebab itu kayu ini dipasaran mebel harganya tidak terlalu mahal malah relatif murah dibandingkat kayu lainnya seperti Jati ataupun mahoni. Ukuran yang besar dan Diameter yang lebar mendukung pembuatan meja dengan model blok dengan lebar bisa mencapai 1 meter lebih tanpa sambungan.

Pohon Trembesi ini dalam pertumbuhannya menyerap sangat banyak karbondioksida dan menghasilkan oksigen yang cukup banyak,pohon trembesi ini juga sering ditanam diarea pinggir jalan sebagai penyejuk pengguna jalan,tapi penanamannya harus diperhatikan karena dahannya bersifat menyebar yang dapat mengganggu instalasi listrik maupun pengguna jalan bila ada dahan pohon yang patah.

Demikian artikikel saya Tentang Kayu Trembesi,Pohon Super Untuk Furniture Jepara,semoga bisa jadi pembelajaran agan agan semuakedepannya =D
Wassalamualaikum

Baja juga artikel tentang Desain Kursi Makan Minimalis

1 Response to "Tentang Kayu Trembesi, Pohon Super Untuk Furniture Jepara"

Meja Trembesi said...

Jual Meja Trembesi Natural Kaki Besi kualitas kayu bagus blok tanpa sambungan tekstur keras dan urat kayu sangat indah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel