-->

Mengenal tentang fungsi dan makna mebel

Mebel
Mebel atau furniture merupakan perlengkapan rumah yang mencakup semua jenis barang seperti meja,kursi,almari.Mebel berasal dari kata
movabel yang artinya bisa digerakkan,karena pada jaman dahulu meja,kursi mudah digerakkan karna berasal dari batu.Kata furniture diambil dari bahasa perancis yaitu fourniture yang mempunyai arti perabotan rumah.Walaupun Mebel dan Furniture memiliki arti yang berbeda tapi maknanya tetap satu saitu tentang meja,kursi,almari dll.Dengan ini kita bisa mengambil kesimpulan dari mebel dan furniture adalah barang yang dipergunakan untuk duduk,berbaring ataupun menyimpan benda yang ada dirumah.Mebel bisa terbuat dari kayu,besi,ataupun sejenisnya tapi yang paling sering digunakan untuk bahan dasar mebel adalah kayu.

FUNGSI
Barang mebel memiliki peran penting dalam rumah karna bila tanpa barang mebel semua keadaan kita akan begitu tidak enak,bila tidak ada kursi dirumah kita duduk dilantai dan juga alo tidak ada almar dirumah bagaimana kita menyimpan barang dirumah? barang kita akan terceceran dilantai,jadi barang mebel termasuk memegang pean penting dalam kenyamanan hidup kita.  

MAKNA 
Mebel tidak hanya memiliki fungsi kenyaman dan kerapian tapi juga mengusung makna-makna  sosial,tanpa adanya barang mebel dirumah kita rumah kita akan dipandang orag rumah yang kosong,barang mebel seperti
ada kursi yang menegaskan kekuasaan. Karena itu dikenal kursi raja, kursi direktur, tahta. Dalam Bahasa Indonesia juga dikenal istilah "berebut kursi" yang artinya "berebut kekuasaan". Karena kursi juga mempunyai arti kekuasaan, maka kursi kekuasaan berlainan dengan kursi yang hanya sebagai tempat duduk. Kursi Raja penuh dengan ukir-ukiran yang rumit. Dan di istana, kursi raja paling bagus dan paling besar. Kursi bawahan raja, harus lebih sederhana dan kecil, walaupun secara finansial mampu menyediakan kursi yang lebih bagus.

Bagaimana makna mebel pada zaman sekarang, dimana sudah jarang ada status raja. Kursi bisa dijadikan sarana menyampaikan status ekonomi seseorang. Seseorang tidak nampak kaya sampai dia menampakkannya dalam bentuk mebel yang mewah. Biasanya mebel mewah itu adalah mebel klasik. Mebel minimalis juga bisa mewah jika bahannya mahal, misalnya dari kayu jati berdiameter besar dan berukuran besar. Tanpa berbicara secara verbal, kursi sudah berbicara bahwa pemilik mebel ini adalah orang kaya.

1 Response to "Mengenal tentang fungsi dan makna mebel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel