-->

Tips Merawat Barang Mebel

Tips Merawat Barang Mebel
Pada jaman sekarang para penggemar barang-barang furniture sudah mengganti perabotan rumahnya ke barang mebel yang terbuat dari kayu yang terutama berbahan dasar kayu jati.

Rumah yang dilengkapi dengan macam-macam perabotan mebel kayu akan memberikan nuansa yang berbeda dari barang furniture lainya,yang pasti akan lebih terlihat
dekoratif,asri,elegan dan terlihat mewah.

Mempunyai perabotan rumah yang indah memang sudah menjadi impian untuk semua pemilik rumah dan para penggemar furniture,kesan indah ini akan didapat untuk mereka yang selalu menjaga dan merawat barang mebelnya dengan benar.

Sungguh sangat disayangkan bila kita tidak bisa merawat barang mebel kita,karena bila kita tidak bisa merawatnya kita akan merokoh kocek yang cukup dalam untuk sekedar mengembalikan keindahan dan rasa mewah barang mebel tersebut.

Barang mebel yang kurang perawatan akan mudah ditumbuhi jamur,warnanya pun memudar dan kusam dan ini akan menghilangkan tingkat keindahannya.

Untuk itu saya akan memberikan tips merawat barang mebel perabotan rumah anda terutama barang mebel untuk menjaga nuansa keindahannya dan menjaga dari kerusakan.

Tips Merawat Mebel Kayu


1. Tempat 
Pastikan barang-barang mebel anda berada di tempat dengan suhu udara yang normal, karena sangat berpengaruh pada finishingnya.
Hindarkan dari tatapan sinar matahari secara langsung karena panas dapat menyebabkan penyusutan pada kayu yang pada akhirnya berpengaruh pada lapisan finishing terutama yang menggunakan finishing berbahan melamine, secara perlahan lahan lapisan finishingnya akan mengalami retak-retak dan warnanya akan berubah kusam.
Selain panas juga hindari tempat yang lembab karena tempat yang lembab merupakan ladang yang subur untuk tumbuhnya jamur, barang-barang mebel yang berada di tempat yang lembab akan mudah ditumbuhi jamur yang labat laun akan merusak finishing dan kayunya akan mudah lapuk oleh jamur.

Tips Merawat Barang Mebel

·       Tempat Yang aman
Tempat sangat berpengaruh terhadap keawetan barang mebel karena bila kita menempatkan barang mebel langsung terkena paparan sinar matahari akan membuat barang mebel kayu akan mengalami penyusutan dan warna finishingnya pun akan memudar dan kusam.
Selain panas matahari,barang mebel harus ditempatkan di skala suhu yang normal untuk menghindara jamur pada kayu bila ditempatkan disuhu yang dingin,jadi tempatkanlah barang mebel anda yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung dan suhu yang normal.

·        Hindari Air
Hindarkan perabotan mebel dari air seperti menaruh gelas berisikan air diatas meja kayu,karena akan berpengaruh buruk pada finishingnya,bila ada tumpahan air usahan mengelap secepatnya agar tidak membekas meninggalkan flek(blentong dalam bahasa jawa) dan lapnya pun harus yang kering dan bersih.

·       Kuas dan Kemoceng
Lakukan perawatan setiap hari dengan cara menyapu dengan kemoceng untuk membersihkan dari debu yang menempel pada barang mebel.
Gunakan kuas untuk membersihkan barang mebel yang bermotif ukiran,karena kuas akan membersihkan barang ukiran sampai kesela-sela kayu.
Lakukanlah perawatan ini secara berkala untuk menghindari debu yang menempel dimebel kayu karena ini akan merusak warna finishingnya bila debu itu sudah menempel dan masuk kepori pori kayu.
 
·       Pladge
Untuk para pencinta barang mebel kayu pasti tidak asing dengan cairan Pladge ini,iya cairan ini untuk membersihkan dan mengilapkan kembali warna finishing kayu yang sudah mulai kusam termakan usia.
Cara membersihkannya dengan cara disemprotkan secara merata lalu dilap hingga bersih,cairan Pladge akan mengembalikan nuansa keindahan barang mebel itu.


·       Teak Oil
Untuk penggemar mebel antik yang berbahan dasar kayu tua yang pada umumnya menyukai warna asli kayu sehingga teknik finishing menggunakan warna natural kayu,untuk merawat mebel antik bisa menggunakan teak oil atau minyak kayu dengan cara dioleskan teak oil itu dipermukaan barang mebel sampai merata dan setelah itu cairan teak oil dilap menggunakan lap kering (dianjurkan lap warna putih) agar cairan teak oil dapat masuk ke pori-pori kayu.
Untuk mendapatkan hasil yang sempurna sebelum pengolesan dianjurkan untuk melakukan pengamplasan barang mebelnya dengan amplas no. 400 setelah itu bersihkanlah debu hasil pengamplasan lalu barulah oleskan cairan teak oilnya.

Demikian tips merawat perabotan mebel kayu dari saya,Semoga anda semua bisa merawat barang mebel kayu dengan benar dan menjaga keindahan dan rasa mewah dara barang mebel kayu tersebut,Sekian dan Terimakasih.


0 Response to "Tips Merawat Barang Mebel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel