-->

CARA MEBEDAKAN KAYU JATI DENGAN KAYU AKASIA


  Didunia perkayuan semua orang pasti mengenal tentang kayu jati serta kelebihan yang dimilikinya. kayu jati dikenal sebagai kayu dengan tingkat keawetannya yang baik,hal ini di didukung dengan kandungan minyak didalamnya yang mampu melindungi kayu ini dari serangga dan hama perusak. Selain memiliki tingkat keawetan yang baik juga dikenal dengan kayu yang memiliki tekstur serat yang halus dan berdekoratif indah.
                                         (gambar serat kayu jati)

  Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki menyebabkan kayu jati ini banyak diminati oleh para para konsumen terutama untuk ekonomi menengah ke atas,mereka memilih kayu jati sebagai  bahan pembuatan barang mebel mereka terutama untuk bahan pembuatan rumah seperti kusen dengan pinta dan jendela.Dari banyaknya peminat untuk kayu jati membuat stok kayu ini di pasaran cenderung menipis dan langka sehingga harga kayu jati dipasaran melambung tinggi,dengan harga yang cukup tinggi ini sangat berpengaruh terhadap pengrajin mebel, mereka  sangat kesulitan untuk mendapatkan bahan baku mebelnya dengan harga yang murah.

  Dengan berjalannya waktu pera pengrajin mebel mulai memikirkan bahan baku alternatif pengganti yang memiliki kesamaan dengan kayu jati untuk menunjang produksi mebelnya dan menahan pengeluaran yang besar untuk bahan bakunya,dan solusinya adalah kayu Akasia yang hampir sama degan kayu jati.

  Kayu akasia memiliki warna kayu yang hampir mirip dengan kayu jati, dan sepintas kayu akasia memang menyerupai kayu jati sehingga para pengrajin mebel banyak yang tertarik menggunakan alternatif bahan pengganti kayu jati yang mulai sulit didapatkan dan semakin melambung harga jualnya.


                                          ( gambar serat kayu Akasia)
Namun demikian ada beberapa perbedaan  antara kayu jati dengan kayu akasia diantaranya sebagai berikut :

Namun demekian ada beberapa perbedaan antara kayu jati dengan kayu akasia yaitu sebagai berikut :
·       Serat Kayu
Kayu jati dengan kayu akasia memiliki perbedaan yang mencolok pada serat kayunya, bila kayu jati memiliki serat kayu yang halus dan teratur tetapi bila pada kayu akasia cenderung memiliki serat kayu yang kasar dan tidak searah atau dalam bahasa jawa ruwet, dengan serat yang dimiliki kayu akasia mempengaruhi kinerja dalam pembuatan barang mebel,para tukang kayu sedikit kesusahan dalam proses penyerutan kayu dikarenakan seratnya yang kasar membuat para tukang kayu harus bekerja ekstra dalam pengerjaannya karna harus membolak balik kayu untuk menyerutnya untuk mendapatkan hasil yang bagus.
Serat yang kasar dan cenderung tidak beraturan ini membuat tidak begitu tahan terhadap sinar matahari secara langsung dan akan membuat kayu ini akan  mengalami retak-retak kecil yang merata atau lebih dikenal dengan retak seribu.

·       Kekerasan Kayu
Kayu akasia digolongkan kayu yang memiliki tingkat kekerasan yang tinggi dan bobot yang sangat bera dan melebihi tingkat kekerasan dan bobot yang melebihi kayu jati, karena kekerasan dan bobotnya membuat kayu akasia sulit untuk diukir, para pekerja ukir merasa keberatan bila disuruh mengukir dengan bahan kayu akasia karena kekerasan kayu akasia dapat menyebabkan alat ukir (tatah) mereka menjadi tumpul dan mudah patah.

·       Harga Kayu
Dari segi harga memang sudah terpaut jauh, Harga kayu akasia sangatlah jauh lebih murah dibandingkan kayu jati yang harganya selangi, hal ini disebabkan karena stok kayu akasia di pasaran masih banyak, dan jumlah persediaan dengan jumlah permintaan pun masih seimbang, hal ini didukung karena umur tumbuh kayu akasia lebih cepat bila dibandingkan dengan kayu jati yang memiliki masa tumbuh yang lama dengan tuntutan permintaan yang tinggi sehingga menyebabkan stok kayu jati langka dipasaran dan membuat harga kayu jati semakin mahal.


Demikian penjelasan tentang beberapa perbedaan antara kayu akasia dengan kayu  jati, namun demikian sudah banyak para pengrajin mebel yang menggunakan bahan dasar kayu akasia untuk pembuatan barang mebelnya, dikarenakan selain warnanya yang meyerupai kayu jati juga harga kayunya pun masih tergolong murah.

(Baca Juga Tips Merawat Barang mebel)

0 Response to "CARA MEBEDAKAN KAYU JATI DENGAN KAYU AKASIA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel