-->

Tips Merawat Lemari Kayu Jati






Lemari adalah salah satu perabotan Furniture dalam rumah yang sangat penting,karena kegunaannya sebagai tempat menyimpan barang seperti pakaian dll. Berdasarkan barang apa yang disimpannya Almari pun memiliki jenis yang banyak seperti Almari pakaian untuk menimpan pakaian,almari hias untuk menyimpan pernak pernik hiasan  dan masih banyak lagi almari lainnya.Bentuk almari juga bervariatif mulai yang lebar dan tinggi yang memiliki banyak pintu biasanya untuk menyimpan pakaian ada juga yang tinggi tapi mimiliki pintu satu seperti almari hias.Jadi almari ini dalam perabotan rumah memiliki posisi yang sangat sentral terkadang juga almari ini digunakan untuk menyimpan berkas-berkas yg sangat penting.
Almari bisa dibuat dari berbagai bahan tapi yang sering dijadikan bahan baku pembuat almari adalah kayu seperti kayu jati karena kayu memiliki nilai seni tinggi dan artistik,kayu sendiri bisa dibuat berbagai model sesuai selera. Tidak itu saja kayu juga bisa diukir sehingga lebih menampilkan keindahannya. Maka dari itu almari harus mendapatkan perawatan terutama yang berbahan kayu agar bisa awet dan tahan lama serta nilai artistiknya pun tetap terjaga. Berikut ini saya akan memberikan tips membeli almari kayu yang baik dan Cara Merawatan Lemari Kayu Jati

Cara Membeli Lemari yang Baik
1.       Jika anda ingin membeli almari pastikan jangan sampai tertipu dengan harga murah apalagi bila penjual bilang dengan embel-embel kayu jati karena pada saat ini kayu jati harganya sudah melambung tinggi dan pastinya bila almari berbahan kayu jati harganya pun pasti mahal. Bila anda mendapatkan almari berbahan kayu jati dengan harga agak murah mungkin saja kayu jati yang di pakai untuk bahan bakunya berumur muda dan mudah keropos dan pecah-pecah atau mungkin juga almari anda adalah barang oksen (stok lama).Jadi sebelum membeli sebaiknya anda pergi kebeberapa toko furniture untuk mencari referensi mana yang terbaik
2.       Sering kali terjadi keluhan dari para pelanggan tentang almarinya yang melengkung,berjamur,keropos maupun patah.hal ini biasanya dikarenakan Pada proses pembuatan almari menggunakan kayu jati yang masih muda ataupun kayu jati yang masih basah karena kayu jati yang masih basah mudah sekali melengkung dan pecah-pecah dan bila kayu jati yang mudah keropos biasanya kayu yang untuk proses pembuatan furniture berumur muda.Jadi bila ingin membeli furniture sebaiknya ditoko yang benar-benar terpercaya.

Cara Perawatan Lemari Kayu Jati
1.       Untuk penempatan almari sebaiknya diberi jarak atau celah sekitar 5-10cm ini untuk menjaga tingkat kelembabannya agar tidak menjamur pada Almari Kayu Jati.
2.       Lakukanlah pengecekan berkala pada belakan almari apakan menjamur atau tidak karena terkadang walaupun sudah diberi renggangan antara dinding tapi masih terdapat jamur karena tingkat kelembabannya masih tinggi.Perhatikan juga saat penempatan almari jati jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung karena bisa membuat almari terlihat kusam dan muda pecah.
3.       Perhatikan untuk almari pakaian, jangan sampai memasukkan pakaian yang masih basah ke dalam almari kayu. Karena dapat menyebabkan bau yang tidak sedap bahkan bisa menyebabkan jamur dalam almari.
4.       Berilah perawatan secara berkala 1 sampai 3 bulan sekali dengan memberikan  minyak pembersih ataupun minyak kayu untuk menjaga warna finishing pada almari kayu.
5.       Pada sudut dalam almari taruhlah wewangian atau beberapa kapur barus ini selain menjaga dalam almari tetap harum juga menjaga almari dari rayap juga



Sekian yah gan artikel tentang Tips Merawat Almari Kayu Jati silahkan diaplikasikan dirumah ya gan agar almarinya tidak jamuran hehehe 😤😆😆😆😆😆😆😆

baca juga Tips Cara merawat Furniture Jati

2 Responses to "Tips Merawat Lemari Kayu Jati"

M. Choirul Anam said...

Bisa juga nih tipsnya, thx infonya gan ,,

Ainul said...

Thanks gan infonya... Mau saya coba pada lemari kayu jati saya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel