-->

Kayu Mindi Alternatif Furniture Jepara


Kayu Mindi Alternatif bahan utama furniture selain kayu jati saat ini,kayu mindi mulai populer untuk furniture jepara sudah dimulai bebrapa tahun belakangan ini.kayu iklim tropis ini ini memiliki tingkat kekerasan sedang dan hampir menyerupai kayu pinus dengan serat kayu yang artistik dan menonjol. Pertumbuhan kayu mindi bisa mencapai ketinggian hingga 40-50 meter dan diameter batangnya bisa mencapai 60 cm. Kayu mindi biasanya tumbuh dengan postur yang lurus dan cepat berkembang walaupun ditanah yang tidak terlalu subur.


(Cincin Kayu Mindi)
(Cincin Kayu Jati)

Ciri-ciri dan karakteristik kayu mindi
Papanan kayu mindi memiliki warna kuning kemerahan hampir menyerupai kayu mahoni yang memiliki serat kayu yang lurus dan alurnya hampir menyerupai kayu jati,Cincin kampium kayu mindi cenderung lebar ini dikarenakan jangka pertumbuhannya yang cepat,tidakseperti kayu jati yang memiliki cincin kambium yang lebih rapat karena masa pertumbuhannya yang lebih lama. Kayu mindi sering digunakan sebagai bahan pembuat veneer dan lantai floring dikarenakan Kayu mindi memiliki permukaan yang halus dan jarang terlihat memiliki Knot atau mata mati.
(Contoh Mata Mati Kayu)


Kelemahan kayu mindi
Dikarenakan masa pertumbuhannya yang cepat ini membuat masa kepadatan serat kayunya kurang dan ini membuat kayu mindi akan mudah pecah dan melengkung. Dan saat proses pengeringan kayu jika penataannya salah akan menimbulkan blue stain atau noda biru pada serat kayu. Kayu mindi ini juga muda diserang hama karena tingkat kekerasannya yang sedang jadi saat pembuatan furniture berbahan kayu ini harus disertai dengan memberikan obat anti hama jika tidak diberikan furniture berbahan kayu ini tidak akan bertahan lama

Penggunaan Kayu Mindi Untuk Furniture
Para produsen Furniture Jepara menggunakan bahan kayu mindi dikarenakan harganya yang murah dan serat kayu yang indah untuk bahan furniture serta harga kayu jati yang semakin menjulang tinggi mengakibatkan keberatan dalam biaya produksi para produsen Furniture Jepara. Untuk para calon pembeli Furniture Jepara berbahan kayu mindi harap diperhatikan saat membeli dianjurkan menanyakan apakah kayu yang akan anda beli sudah di berikan obat anti hama atau belum ini dikarenakan hama sangat menyukai kayu dengan tingkat kekerasan yang sedang dan obat anti hama itu bisa menjaga dari serangan hama tersebut dan membuat furniture kayu mindi bisa bertahan lama.

Demikian artikel tentang Kayu Mindi Alternatif Furniture Jepara semoga bermanfaat bagi agan-agan semua..... Tanks Sudah mampir hehehe.




0 Response to "Kayu Mindi Alternatif Furniture Jepara"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel